Kong-Ay Joget

Minggu, 03 Maret 2013

budaya betawi - Penelusuran Google

kong-ay
Click Here



Minggu, 03 Maret 2013






Perlukah Berbudaya ? 
by: Kong-Ay
Budaya adalah hasil dari Aktivitas Akal dan Perasaan Manusia dalam kehidupan ini. Jadi Berbudaya adalah aktivitas alami dari manusia itu sendiri. Ia akan ada dan lahir dengan sendirinya. Seperti mahluk lainnya seperti Binatang, Tumbuhan dsb.semuanya mempunyai budaya sendiri-sendiri, akan tetapi dengan bahasa yang lain dng. kata lain dengan bahasa berbudaya yang berbeda. ciri khas dari berbudaya adalah perkembangan, kemajuan, pertumbuhan alhasil sebagai perbendaharaan yang meramaikan hidup dan kehidupan ini.
Seperti halnya tumbuhan,hewan dsb. yang secara alami tumbuh terus menerus meramaikan suasana hutan (ekosistem) dengan bebasnya sehingga menurut zohir mata fisik manusia, alam hutan kelihatan dan tampak  tidak beraturan dan berlaku hukum rimba, siapa yang kuat dan dialah yang menang.
Nah bagaimana dengan budaya manusia ?
 Sekenario Allah SWT. maha indah. Diciptaakan-Nya Hidup dan Kehidupan ini sebagai cerita yang maha indah, yang manusia sebagai aktornya dijalan diatas hukum-Nya. Manusia hanya berfikir, berperasaan dan bertindak dengan kacamata dan bahasa manusia, dan memang harus menggunakan bahasa manusia,karena untuk kita mengenal Zat-Nya Allah SWT. adalah dengan alat dan Alat itu adalah bahasa manusia. Bukankah Al-Quran itu diturunkah dengan bahasa arab. Artinya Ayat-ayat Alloh SWT. (ayat-ayat yang tersirat, fenomena  alam yang dinamis, prosesing asbabun-nuzul) ditaransfer,diturunkan, diwahyukan, diisyaratkan melalui Nabi Muhammad SAW. Nabi adalah Manusia yang terpilih dan menggunakan sebuah bahasa manusia (bahasa arab).
Ilustrasi yang sederhana adalah jika kita berbicara atau mentransfer isi pikiran dan perasaan kita kepada anak kita. Apakah kita harus menggunakan bahasa kita, bahasa orang dewasa ? tentunya agar anak kita memahami itu, pasti kita menggunakan atau dengan cara pendekatan bahasa anak !
Jadi bagaimana dengan budaya ?  
    Alloh SWT. hanya memberikan isyarat mana yang Benar dan mana yang tidak benar dengan Petunjuk
-Nya Berupa Kitab-kitab sebagai berupa bahasa Tekstual untuk kemaslahatan Manusia, Bumi dan Alamraya (Alquran Al-Karim dan Al-Hadist). Mana yang Benar,Utama dan Penting itu sebagai prioritas.
Ilustrasi yang lain : Rumah kita sebagai alam mini hidup dan kehidupan, alam terkecil. Secara alami anda bebas untuk menaruh dan meletakan apa saja dirumah kita yang kita sukai.
Tapi bagi manusia yang normal, akan meletakan sesuatu dirumah kita yang berfungsi, tepat dan benar.
Jika tidak...! apakah tidak berakibat....!
Jadi bagaimana dengan budaya ?
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi abad ini adalah budaya manusia akhir zaman yang sangat kita puja-puja dan diagung-agungkan.
Bagaimana dengan Ozon yang bolong.....? atau Kawah besar didalam tanah akibat diambilnya bahan-bahan tambang bumi.....? bagaimana dengan awan-awan atau polusi udara yang mengotori alam atas di langit biru...?
Jadi bagaimana dengan budaya ?
Karena Hukum Alloh SWT. diremehkan.....!!!
Bagaimana dengan "Hari Kiamat...!!!"

SUDAH SIAPKAH KITA..!!
wallohua'lambissawab
























































Tidak ada komentar:

Poskan Komentar